Premix : Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Penambahan Premix ke Dalam Ransum Ayam

premix dalam ransum ayam

Penulis: Tim GFN

Pakan pada peternakan unggas termasuk peternakan ayam perlu diperhatikan, karena membutuhkan biaya 60 – 70% dari total biaya produksi. Maka dari itu, peternak perlu melakukan efisiensi pakan untuk mengoptimalkan penggunaan pakan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi, sehingga pendapatan pun bisa meningkat. Dengan ini penambahan premix ke dalam ransum ayam dapat menjadi solusi.

Premix adalah suplemen pakan yang saat ini banyak digunakan oleh peternak ayam. Hal ini dikarenakan pemerintah sudah melarang penggunaan antibiotik pada ternak ayam, sebab memiliki efek samping kurang baik dan meninggalkan residu.

Lantas apa itu premix? Fungsinya buat apa?

Tenang, jawabannya dapat anda temukan di artikel ini. Kali ini kami mengajak anda untuk mengetahui semua tentang premix. Mulai dari pengertian, jenis, hingga manfaatnya untuk ternak ayam.

Penasaran kan? Langsung saja mulai dari pengertian premix, yuk!

Pengertian premix

Dalam dunia peternakan, premix dikenal sebagai imbuhan pakan atau pelengkap pakan yang pemberiannya yaitu harus dicampurkan dalam ransum (pakan) atau air minum ayam. Vitamin, mineral, dan asam amino adalah beberapa nutrisi yang sering terkandung dalam premix. Premix sendiri mengandung arti campuran dari berbagai bahan sumber vitamin (premix vitamin), sumber mineral mikro (premix mineral), atau campuran keduanya (premix vitamin – mineral).

Pembuatan premix di perusahaan pakan biasanya akan menggunakan berbagai macam mineral, vitamin, dan bahan lainnya dalam jumlah yang sedikit. Bahan-bahan tersebut diaduk terlebih dahulu (pre-mixing) sebelum dimasukkan ke dalam mesin pencampur (mixer). Dan premix yang dibuat harus terdistribusi merata dalam ransum atau konsentrat yang akan dibuat. 

Klasifikasi premix

Premix dapat diklasifikasikan berdasarkan kandungan gizi dan kegunaannya untuk meningkatkan produksi atau performa ternak. Berikut adalah jenis premix yang perlu anda ketahui : 

  • Feed Supplement

Feed Supplement atau biasa dikenal dengan pelengkap pakan adalah bahan yang ditambahkan ke dalam pakan untuk melengkapi kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan ternak atau hewan. Gizi tersebut berupa zat-zat nutrisi, terutama zat nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Penambahannya dalam formulasi pakan akan meningkatkan kadar nutrisi di dalam campuran pakan. Penambahan feed supplement yang diutamakan adalah asam amino. 

  • Feed Additive

Feed Additive disebut juga dengan imbuhan pakan adalah bahan yang ditambahkan ke dalam pakan, biasanya dalam jumlah sedikit dan bukan sebagai sumber zat gizi yang dapat mempengaruhi karakteristik pakan, meningkatkan kinerja, kesehatan, dan kualitas produk hewan/ ternak. Peran feed additive dalam pakan tergantung dari jenis kandungan zat additivenya.

Manfaat penambahan premix ke dalam ransum ayam

Penambahan premix yang ke dalam ransum atau air minum ayam memiliki banyak manfaat untuk ternak ayam. Berikut adalah beberapa manfaat premix : 

  • Meningkatkan ketersediaan nutrisi dan penyerapan zat nutrisi dalam pakan.
  • Meningkatkan imunitas/ kekebalan tubuh, sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit.
  • Menambah nafsu makan ayam.
  • Meningkatkan kualitas fisik pakan, terutama pemberian feed additive.
  • Meningkatkan kecernaan dari ransum untuk ternak.
  • Melengkapi kandungan nutrisi mikro, terutama vitamin yang kemungkinan berkurang karena proses penanganan dan penyimpanan pakan yang kurang baik.
  • Untuk ayam petelur/ layer dapat meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan.

Di artikel ini, anda sudah paham semua tentang premix. Mulai dari pengertian, klasifikasi, dan manfaat premix untuk ternak. Nah dari klasifikasi di atas, jika anda membutuhkan feed additive terbaik, produk dari Ganeeta Formula Nusantara bisa jadi pilihan. Produk feed additive dari Ganeeta Formula Nusantara sudah teruji di laboratorium, sehingga kualitasnya jangan diragukan lagi! Untuk segala pertanyaan, detail produk dan info pemesanan silahkan hubungi kontak kami di nomor 0811-1907-0726.

Jadi tunggu apalagi? Yuk cobain produknya sekarang dan buktikan sendiri kualitasnya!

 

Komentar dinonaktifkan