Pemberian Tepung Daun Mengkudu Untuk Ayam Broiler

tepung daun mengkudu

Penulis: Tim GFN

Ayam broiler merupakan salah satu pangan protein hewani yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Permintaan di pasar pun semakin hari semakin meningkat, namun pemenuhannya selalu saja kurang. Maka dari itu, perlu adanya peningkatan produktivitas ayam broiler. Usaha budidaya hewan ternak unggas salah satunya ayam broiler ini sangat menjanjikan, bagi anda yang ingin memulainya jangan ragu-ragu. Tetapi, di dalam proses pemeliharaannya diperlukan manajemen yang baik dimana salah satu cara pemeliharaannya adalah pemberian ransum atau pakan. Komposisi pakan atau ransum untuk broiler ini harus mengandung nutrisi seimbang. Nutrisi seimbang yang dimaksud adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dengan ransum yang mengandung nutrisi seimbang pertumbuhan ayam broiler lebih optimal dan membantu menjaga kesehatan ayam.

Ransum ayam pada umunya terbuat dari bahan nabati dan hewani. Ransum ayam cenderung diberikan dalam bentuk kering yang dapat diolah menjadi berbagai bentuk antara lain pelet, butiran ada juga yang diolah menjadi tepung. Pemberian ransum yang baik akan mempengaruhi produktivitas ayam. Pertambahan bobot badan sering digunakan sebagai pegangan berproduksi bagi para peternak. Oleh karena itu, pertambahan bobot badan sering dikaitkan dengan pemberian ransumnya.

Pengertian feed additive

Untuk mempercepat pertumbuhan ayam broiler peningkatan kualitas ransum dapat dilakukan dengan mencampur makanan tambahan. Makanan tambahan ini berupa feed additive, feed additive adalah suatu bahan yang dicampurkan di dalam pakan yang dapat mempengaruhi kesehatan, produktivitas maupun kondisi gizi ternak, meskipun bahan tersebut bukan untuk mencukupi kebutuhan zat gizi. Imbuhan pakan yang dapat digunakan peternak salah satunya adalah tepung daun mengkudu.

Kandungan yang terdapat dalam mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu feed additive dan tanaman obat yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat karena mengandung beberapa zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh yaitu alkaloid, antrakinon, flavonoid, tanin dan saponin, yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti radang saluran pencernaan dan juga dapat meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh.

Manfaat pemberian tepung daun mengkudu

Penggunaan tepung daun mengkudu dalam ransum ayam broiler dapat membantu menjaga kesehatan ayam karena kandungan dari tepung mengkudu adalah antibiotik. Selain itu, penggunaan tepung daun mengkudu bisa meningkatkan produktivitas ayam broiler. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan bobot badan yang baik sehingga meningkatkan pendapatan peternak.

Itulah pembahasan dari pemberian tepung mengkudu untuk ayam broiler, dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa tepung daun mengkudu dapat dijadikan bahan tambahan dalam penyusunan ransum dan memiliki banyak manfaat. Semoga bermanfaat untuk peternak yang ingin meningkatkan produktivitas ayam broilernya.

Komentar dinonaktifkan