Istilah-Istilah Dalam Peternakan Unggas

istilah-istilah dalam peternakan unggas

Penulis: Tim GFN

Di dunia peternakan khususnya ternak unggas memiliki beragam istilah yang sering digunakan dan terkadang istilah-istilah tersebut terkesan awam bagi kalangan umum. Bagi anda yang ingin memulai usaha ternak unggas maupun anda peternak harus paham akan istilah tersebut agar mudah dalam berkomunikasi dan terhindar dari ketidakpahaman yang berujung pada kesalahan.

Dari sekian banyak istilah yang ada dalam dunia peternakan unggas, kami merangkum sebagian besar istilah penting tersebut. Berikut adalah daftar dan penjelasan singkat mengenai istilah-istilah dalam peternakan unggas :

A

ADG (Average Daily Gain). Disebut juga dengan pertumbuhan rata-rata harian, istilah ini sering digunakan untuk unggas pedaging agar peternak dapat mengetahui pertambahan bobot yang dihasilkan setiap harinya.

Afkir. Ayam yang sudah tidak produktif lagi untuk dipelihara.

Ayam Broiler. Disebut juga dengan ras ayam pedaging. Jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging.

Ayam Layer. Disebut juga ayam petelur. Ras ayam yang sengaja dikhususkan untuk produksi telur.

B

Brodinnes. Usaha ayam mengerami telurnya setelah bertelur pada periode tertentu dan dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Brooder. Alat yang digunakan untuk menghangatkan tubuh pada anak ayam sebagai pengganti induk ayam sampai beberapa minggu, sehingga dapat bertahan terhadap perubahan temperatur rendah.

D

DOC (Day Old Chicken). Anak ayam yang baru ditetaskan dengan umur dibawah 10 hari dan paling lama 14 hari.

Dara. Ayam betina yang berumur antara 3-4 bulan.

Dual Purpose. Disebut juga dwiguna. Ayam yang dipelihara untuk diambil daging dan telurnya.

E

Efisiensi pakan. Besarnya bagian pakan yang dapat diubah menjadi produk daging atau telur dinyatakan dalam persen.

F

FCR (Feed Conversion Ratio).  Perbandingan jumlah pakan yang dihabiskan dengan kenaikan berat badan pada waktu dan satuan berat yang sama.

Feed Additive. Disebut juga imbuhan pakan. Bahan yang ditambahkan ke dalam pakan, biasanya dalam jumlah sedikit dan bukan sebagai sumber zat gizi, yang dapat mempengaruhi karakteristik pakan, meningkatkan kinerja, kesehatan, dan kualitas ternak.

Feed Supplement. Disebut juga pelengkap pakan. Bahan yang ditambahkan ke dalam pakan untuk melengkapi kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan ternak.

FI (Feed Intake). Jumlah pakan yang dihabiskan oleh ayam atau unggas pada periode waktu tertentu.

Final stock. Ayam yang khusus dipelihara untuk menghasilkan telur atau daging yang telah melalui berbagai persilangan dan seleksi.

Finisher. Periode pemeliharaan ayam broiler pada umur 3-7 minggu.

G

Grower. Periode pemeliharaan ayam broiler pada umur 8-16 minggu.

H

HDA (Hen Day Average). Persentase perbandingan jumlah produksi telur dengan populasi ayam dalam satu kelompok pada satuan waktu tertentu.

I

Inkubator. Mesin penetas atau alat pengeram yang menggantikan fungsi induk ayam dalam mengerami telurnya.

K

Karkas. Hasil pemotongan unggas tanpa disertai dengan darah, bulu, kepala, cakar, dan giblet (hati, jantung, dan empedal), tetapi paru-paru termasuk dalam bagian karkas.

P

Palatabilitas. Tingkat kesukaan yang ditunjukkan ternak untuk mengkonsumsi suatu bahan pakan yang diberikan dalam periode tertentu.

Pullet. Ayam petelur dara menjelang bertelur pada umumnya memiliki umur 12-18 minggu.

Pure line. Suatu breed atau varietas ayam yang telah mengalami seleksi dan pemurnian berdasarkan sifat atau karakteristik unggul tertentu yang akan digunakan untuk membentuk strain komersial melalui perkawinan dan persilangan.

R

Ransum. Gabungan dari beberapa bahan yang disusun sedemikian rupa dengan formulasi untuk memenuhi kebutuhan ternak selama satu hari dan tidak mengganggu kesehatan ternak.

Z

Zona neutral thermic (ZNT). Temperatur yang ideal dan nyaman untuk pemeliharaan ayam, yaitu antara 15-22 derajat celcius.

 

Itulah beberapa istilah dalam peternakan unggas. Semoga bermanfaat dan menambah khasanah ilmu anda. Jangan lupa pantau terus blog kami untuk mendapatkan informasi yang menarik dan edukatif lainnya.  Terimakasih dan sampai bertemu di kesempatan lainnya.

 

Komentar dinonaktifkan