Efektivitas Herbal Terhadap Kerabang Telur Ayam

Efektivitas Herbal Terhadap Kerabang Telur Ayam

Saat ini penggunaan herbal sebagai bahan imbuhan pakan untuk unggas telah menjadi alternatif yang paling efisien secara cost dan efektif dalam meningkatkan kualitas telur. Kualitas telur meliputi berat telur, kerabang telur, indeks putih telur, warna kuning telur dan haugh unit telur. Pemberian herbal untuk meningkatkan kualitas kerabang telur kerap dilakukan secara mandiri oleh peternak dikarenakan seringkali ditemukan kejadian kurang baiknya kualitas kerabang telur seperti kerabang yang tipis dan terjadi crack / pecah / retak rambut sehingga mempengaruhi daya simpan dan merugikan bagi peternak. Seperti yang kita tahu di dalam herbal memiliki kandungan seperti alkaloid, phenolic, minyak atsiri, flavonoid dan terpenoid yang berfungsi sebagai antiviral, anti bakteri dan immunomodulator.

Kualitas ketebalan telur

Pembahasan pertama mengenai ketebalan kerabang telur yang berfungsi untuk menjaga isi telur terhadap benturan dan tekanan dari luar, serta berperan penting dalam melindungi telur dari mikroorganisme yang masuk melalui pori – pori kerabang dan mengurangi pembusukan (Tjahjadi dan Marta, 2011). Kualitas kerabang telur ditentukan oleh kalsium yang berfungsi sebagai unsur mineral dalam pembentukan tulang, kerabang telur dan kontraksi otot. Absorbsi kalsium sangat tinggi pada duodenum, jejunum lalu ileum (Perez et al, 2008). Sebelum terjadinya proses kalsifikasi pada kerabang telur, kalsium terdapat pada plasma darah dalam bentuk ion kalsium, dan deposisi kalsium ini sangat cepat pada saat pembentukan kerabang telur (Jonchere et al, 2012). Dijelaskan Agustina, dkk (2009) bahwa kandungan herbal dapat menekan infeksi bakterial di saluran pencernaan, sehingga penyerapan kalsium menjadi lebih baik dan ini berdampak pada kualitas kerabang telur yang lebih tebal dibandingkan dengan yang tidak memakai herbal. Menurut Roland (1986), bahwa penyerapan kalsium yang optimal menyebabkan deposisi kalsium yang digunakan sebagai pembentukan cangkang telur menjadi lebih baik yang akan berpengaruh terhadap ketebalan kerabang telur.

Manfaat zat yang terkandung dalam herbal

PT. GFN melakukan percobaan dengan pemberian herbal mix terformulasi yang berisikan campuran dari kunyit, temulawak, kencur, dan beberapa herbal lain pada pakan tanpa antibiotik dengan melakukan pengamatan pada parameter kualitas telur. Dari hasil percobaan tersebut terlihat bahwa mean ketebalan telur yang memakai produk herbal PT. GFN memiliki skor yang lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan herbal. Hal ini dikarenakan herbal juga sebagai anti bakteri yang dapat menekan populasi bakteri pathogen di dalam usus. Kandungan Minyak Atsiri bekerja dengan cara merusak dan mengubah permeabilitas dinding sel bakteri sehingga terjadi translokasi protein dan pada akhirnya bakteri mati (Greathead, 2003). Flavonoid sebagai hepatoprotektor juga berperan terhadap perbaikan fungsi hati, karena metabolisme kalsium juga terdapat di dalam hati. Ayam yang mengalami heat stress, kemudian akan mengalami penurunan fungsi hati, sehingga mempengaruhi kualitas kerabang telur karena kemampuan darah mengikat kalsium berkurang. Zat lain seperti kunyit mengandung antioksidan alami untuk meningkatkan kinerja sel sekretori uterus, meningkatkan ketebalan kulit telur dan dapat merangsang jalur enzimatik sintesis protein di kelenjar cangkang telur sehingga meningkatkan kekuatan cangkang telur melalui konsentrasi kolagen dalam matriks cangkang (Al-Sultan, 2003).

Warna kerabang telur

Pembahasan kedua mengenai pengaruh herbal terhadap warna kerabang telur ayam. Kerabang telur ayam yang berwarna cokelat mempunyai harga yang lebih tinggi di market, sehingga pencapaian kualitas yang baik berdasarkan warna kerabang ini menjadi tolak ukur utama. Warna cokelat pada kerabang dipengaruhi oleh porpirin yang tersusun dari protoporpirin, koproporpirin, uroporpirin dan beberapa jenis porpirin yang belum teridentifikasi yang dibawa oleh darah (50-70%). Kombinasi herbal mix terformulasi dari PT. GFN mampu berfungsi sebagai anti-inflamasi yang diperlukan ketika ayam mengalami pelebaran pembuluh darah karena radang. Ketika mengalami radang, darah yang mengalir melalui pembuluh darah untuk mengirim oksigen dan nutrisi lebih banyak ke jaringan akan terganggu. Dengan pemberian herbal seperti jahe dapat memperlancar aliran darah sehingga proses pewarnaan dari kerabang telur menjadi lebih optimal. Pada kesimpulannya menurut riset-riset yang telah dilakukan PT. GFN dapat disimpulkan bahwa Herbal Mix Terformulasi mampu untuk menebalkan kerabang telur dan memberikan warna kerabang yang lebih coklat. Adv

Baca Juga : Herbal dan manfaatnya bagi unggas

Komentar dinonaktifkan