5 Cara Menjaga Kesehatan Ternak Ayam yang Harus Anda Diketahui

cara menjaga kesehatan ayam

Penulis: Tim GFN

Menjaga kesehatan ternak ayam adalah hal yang wajib anda lakukan. Karena jika ayam terjaga kesehatannya maka, pertumbuhan dan perkembangan akan optimal. Pada akhirnya peternak mendapatkan keuntungan yang besar.

Dan sebaliknya kerugian yang besar biasanya disebabkan karena timbulnya penyakit pada ayam. Kerugian tersebut karena biaya pengobatan yang cukup mahal, ayam menjadi kurus (mengalami penurunan berat badan), turunnya produktivitas, bahkan hingga kematian ayam.

Menjaga ternak ayam tetap sehat merupakan prioritas peternak agar ayam yang dihasilkan berkualitas. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan ternak ayam?

Tenang, jawabannya dapat anda temukan di artikel ini. Kali ini kami mengajak anda untuk mengetahui cara apa saja untuk menjaga kesehatan ayam.

Anda sudah tidak sabar, kan? Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya!

1. Pencegahan penyakit melalui bibit

Bibit yang baik merupakan langkah awal di dalam manajemen pencegahan penyakit pada ternak ayam, karena bibit sangat menentukan keberhasilan pengelolaan ternak ayam. Pencegahan penyakit melalui bibit ternak dapat dilakukan dengan memilih bibit yang benar-benar terbebas dari penyakit. Beberapa langkah yang dapat lakukan yaitu :

  • Usahakan membeli bibit ternak dari peternak/ pembibit yang benar-benar dapat dipercaya dan mengutamakan kesehatan ternaknya.
  • Pilih bibit dengan teliti. Pastikan anda memiliki bekal pengetahuan tentang ciri-ciri dari bibit yang baik, unggul, dan sehat.
  • Memisahkan bibit ternak yang masih muda dari ternak yang sudah tua (besar). Hal ini karena, bibit yang masih muda sangat peka terhadap penyakit yang bisa saja ditularkan oleh ternak dewasa.

Menyangkut poin kedua, adapun ciri-ciri bibit ayam yang baik, unggul, dan sehat yaitu tidak ada cacat di tubuhnya, bulunya tumbuh sempurna, kepala, leher dan tubuhnya serasi, paruh dan kakinya kuat, dadanya bidang, perutnya halus, penampilannya lincah dan matanya bersinar.

2. Pencegahan melalui perkandangan

Kandang merupakan tempat hidup dan berproduksi ternak ayam. Oleh karena itu, kandang harus mampu menyediakan kondisi yang nyaman bagi ternak ayam. Perkandangan ayam yang baik, harus memenuhi syarat dari tata letak, konstruksi, bahan bangunan, fungsi, dan dapat menyediakan suhu serta kelembaban yang sesuai untuk pertumbuhan dan produksi dari ternak ayam.

Dengan terpenuhinya beberapa syarat diatas maka, kandang tersebut akan membuat ternak ayam nyaman dan tidak stress.

3. Menjaga kualitas pakan

Pakan merupakan hal yang penting dalam beternak ayam. Menjaga kesehatan ayam tentunya tidak lepas dari pemberian pakan. Pemberian pakan dengan kualitas yang baik dan memadai tentu akan menghasilkan daya tahan tubuh yang baik pula.

Penyakit yang disebabkan oleh pakan banyak sekali, baik karena kekurangan gizi maupun karena kesalahan serta keracunan pakan. Maka dari itu, pemberian pakan dengan jumlah yang cukup serta memperhatikan kualitas gizinya.

4. Melakukan sanitasi

Sanitasi pada pemeliharaan ternak ayam adalah sangat penting dalam rangka menghasilkan produksi yang tinggi dengan kualitas yang baik. Ayam tidak hanya perlu sehat saja tetapi harus bersih baik tempatnya, pakannya, dan lingkungannya serta bebas dari bermacam-macam penyakit yang dihasilkan oleh mikroorganisme.

5. Pencegahan penyakit dengan menggunakan desinfektan

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mencegah timbulnya penyakit pada ayam yaitu menggunakan desinfektan. Desinfektan adalah materi atau bahan kimia untuk sanitasi. Sanitasi akan efektif apabila permukaan yang disanitasi bersih, artinya tidak dihalangi oleh kotoran atau material organik. Kebersihan bukan hanya pelengkap dalam desinfektan suatu benda, tetapi sangat efektif apabila sebelum didesinfektan keadaan sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Ciri-ciri desinfektan yang baik.

adapun desinfektan yang baik mempunyai ciri-ciri antara lain sebagai berikut.

  • Mempunyai daya bunuh kuman tinggi.
  • Tidak beracun bagi manusia dan ternak.
  • Mampu menembus celah-celah bahan.
  • Larut dalam air.
  • Tidak merusak dan tidak bernoda.
  • Baunya yang tajam tidak melekat.

Dan jika kebetulan anda mencari desinfektan yang efektif untuk membunuh kuman atau bakteri, disinilah kami menjual desinfektan tersebut. Betatop 200 namanya, Produk kami ini mempunyai kelebihan antara lain, tidak mengiritasi, berbau harum, dan dapat sebagai pengganti deterjen pada peralatan kandang.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ayam. Dengan mengetahui cara merawat ayam yang tepat dapat mengurangi resiko penyakit yang timbul pada ternak ayam. Yuk mulai sekarang jaga kesehatan ternak ayam anda! Ayam yang sehat tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih baik dari  segi harga maupun kualitas ayam itu sendiri.

 

Komentar dinonaktifkan