Bagaimana Cara Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam Jantan dan Betina?

cara membedakan kelamin anak ayam

Penulis: Tim GFN

Anak ayam/ DOC harus segera dipisah berdasarkan jenis kelaminnya. Pemisahan antara jantan dan betina harus dilakukan secepat mungkin agar hasilnya jauh lebih baik. Karena pertumbuhan anak ayam jantan lebih cepat dibandingkan anak ayam betina. Jika pemisahan tidak dilakukan secepatnya, maka mengakibatkan persaingan yang tidak sehat antara anak ayam jantan dan betina karena perbedaan ukuran. Anak ayam betina biasanya akan kalah dalam persaingan, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhannya. Lantas bagaimana cara membedakan jenis kelamin anak ayam jantan dan betina?

Tenang, jawabannya ada disini! Kali ini, kami akan membahas cara membedakan jenis kelamin anak ayam jantan dan betina. Anda sudah tidak sabar, kan? Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya.

1. Melihat langsung jenis kelamin anak ayam lewat dubur

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam yaitu dengan melihat langsung kelaminnya. Caranya anda harus memeriksa lubang dubur/ kloaka langsung dengan mata dan membukanya dengan jari anda. Jika anda melihat lubang kloaka pada anak ayam terdapat titik kecil yang menonjol berarti anak ayam berkelamin jantan.

Namun, jika anda melihat kloaka anak ayam tersebut bulat tanpa ada titik dan benjolan berarti anak ayam berkelamin betina. Cara tersebut harus dilakukan pada siang hari atau di tempat yang terang. Perlu diketahui bahwa jangan menunggu anakan semakin tua, karena semakin bertambahnya usia anak ayam semakin bertambah pula kesulitannya dalam melihat kelamin.

Untuk lebih mudahnya anakan yang baru menetas lebih mudah diketahui jenis kelaminnya dan cara ini sangat akurat.

2. Perhatikan bulu di sayapnya

Untuk mengetahui jenis kelamin anak ayam jantan dan betina anda dapat memeriksa melihat langsung sayap anak ayam. Meskipun anak ayam sudah memiliki bulu yang lengkap, bulu di bagian ujung sayapnya akan tampak tipis. Untuk memeriksa bulu sayap, pegang anak ayam dengan kuat di satu tangan. Gunakan tangan anda yang lain untuk merentangkan sayap sampai bulunya kelihatan terpisah dan jelas.

Anak ayam jantan memiliki bulu sayap dengan panjang yang sama, sedangkan anak ayam betina memiliki bulu sayap dengan dua panjang yang berbeda. Perlu diketahui juga, jika anda menunggu lebih lama, maka bulu ayam akan lebat dan tebal sehingga akan sulit untuk dikenali. Maka dari itu, sebaiknya anda memeriksa bulu pada sayap 1 atau 2 hari setelah anak ayam menetas untuk mendapat hasil yang akurat.

3. Perhatikan warna bulunya

Anak ayam mempunyai bulu yang tipis, kecil serta halus hingga mereka berusia lebih dari 6 minggu. Anak ayam jantan memiliki kepala berwarna terang, sementara anak ayam betina biasanya berwarna coklat gelap. Jika anak ayam betina memiliki bulu bercorak, belang atau bergaris, pola tersebut pada umumnya berwarna coklat atau hitam. Sebaliknya, tanda pada anak ayam jantan pada umumnya berwarna putih atau kuning.

Dalam beberapa kasus, warna bulu dapat membedakan jenis kelamin anak ayam berumur satu hari.  Beberapa spesies ayam memiliki pola bulu yang unik tergantung pada jenis kelaminnya. Contohnya, ayam jantan Barred Plymouth Rock lahir dengan titik kuning di kepalanya.

4. Perhatikan ukurannya

Selama 3-4 minggu, anda dapat melihat perbedaan ayam betina dan ayam jantan berdasarkan ukuran tubuhnya. Ayam jantan biasanya memiliki tubuh dan kepala yang lebih besar, sedangkan ayam betina terlihat lebih kecil.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menentukan jenis kelamin pada anak anak ayam. Sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih dan salam sukses untuk anda!

 

Komentar dinonaktifkan