8 Cara Memilih Telur Yang Bagus dan Berkualitas

cara memilih telur yang bagus

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang sudah tidak asing bagi setiap orang. Salah satu jenis telur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah telur ayam. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang masing bingung cara memilih telur yang bagus dan berkualitas.

Anda harus teliti dalam memilih telur agar nutrisi yang ada di dalamnya tetap terjaga. Jangan sampai membeli telur yang sudah tidak segar. Karena telur yang sudah tidak segar atau kualitasnya jelek akan mempengaruhi rasanya. Selain itu, mengkonsumsi telur dengan kualitas jelek juga dapat memicu timbulnya penyakit.

Lantas bagaimana cara memilih telur yang bagus dan berkualitas? Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menyimpan telur? Mari simak bersama di artikel ini!

1. Warna cangkang telur

Saat anda memilih telur, hal pertama yang dapat anda perhatikan adalah warna dari cangkangnya. Dibandingkan dengan ciri-ciri lainnya, melihat warna cangkang telur merupakan ciri yang begitu kelihatan untuk dijadikan pedoman saat anda memilih telur yang akan dibeli. Jangan sampai anda memilih telur dengan warna yang sudah pucat atau telur yang cangkangnya dipenuhi dengan bintik-bintik hitam.

Anda perlu memperhatikan warna cangkang telur dengan seksama, karena hal ini penting untuk mengetahui kualitas telur. Telur yang warnanya pucat, keruh serta kusam menandakan bahwa telah disimpan terlalu lama. Selain itu, bintik-bintik hitam yang timbul di sekitar cangkang telur menandakan bahwa telur tersebut sudah cukup lama disimpan, sehingga jamur mengalami pertumbuhan di cangkang telur.

Jadi, cangkang warna apa yang menandakan telur itu bagus? Telur yang bagus memiliki warna yang pekat dan cerah serta merata pada seluruh permukaan cangkangnya.

2. Jangan pilih cangkang yang sudah retak

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah memeriksa keutuhan fisik dari telur. Perhatikan cangkang telur dengan teliti. Anda sebaiknya jangan memilih telur yang retak, walaupun hanya sedikit. Telur yang sudah retak sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya. Tidak hanya itu, telur yang sudah retak bisa membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara akan masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat telur mudah rusak dan busuk. Telur yang bagus yaitu memiliki cangkang yang kuat dan bersih.

3. Cek ukuran telur

Cara memilih telur yang bagus adalah dengan mengecek dan membandingkan ukuran telur. Pilihlah telur dengan ukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (sedang). Hal ini karena, telur dengan ukuran yang kecil biasanya berasal dari ayam yang masih muda dengan cangkang yang tebal dan keras untuk melindungi isinya. Kuning telurnya juga kecil, sehingga nutrisinya juga tidak sebanyak telur yang besar.

Telur dengan ukuran yang besar biasanya berasal dari ayam yang terlalu tua. Telur ayam yang sudah tua cangkangnya cukup tipis dan sangat rentan pecah dibandingkan dengan telur dengan ukuran yang normal. Oleh karena itu, pilih telur yang normal saja, karena kuningnya sudah cukup dan cangkangnya juga masih keras.

4. Cium aroma telur

Cara memilih telur berikutnya adalah dengan cara mencium aromanya. Apabila telur sudah lama dan tidak baru, maka aromanya berbeda dengan yang baru. Telur yang telah rusak, meskipun masih tertutup cangkang aromanya bisa tercium dari luar. Telur yang memiliki kualitas baik tentunya tidak berbau busuk. Jika aromanya seperti telur busuk, dapat dipastikan bahwa isinya pun sudah busuk.

5. Guncang telur perlahan

Mengguncang telur secara perlahan adalah salah satu cara yang sering dilakukan untuk memastikan kualitas telur yang akan kita beli. Guncangkan telur secara perlahan dan dekatkan dengan telinga. Jika telur yang diguncang itu tidak mengeluarkan bunyi, hal ini menandakan bahwa telur tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Berbanding terbalik dengan telur yang sudah lama atau sudah busuk yaitu apabila telur diguncang akan mengeluarkan bunyi dan terasa bergerak-gerak. Hal ini dikarenakan telur yang sudah lama bagian putih telurnya sudah encer dan tidak lagi mampu mengikat bagian kuning telur. Berbeda dengan telur yang segar bagian putihnya masih mengikat kuning telur dengan sangat rapat.

6. Sentuh cangkang telur

Perlu diketahui bahwa ciri-ciri telur masih segar dan bagus dapat dilihat dari permukaan cangkang telur. Jika anda menyentuh cangkang dan menemukan tekstur yang kasar serta terdapat butiran-butiran putih, itu menandakan bahwa telur tersebut adalah telur yang masih segar dan bagus. Tetapi, anda jangan sampai terkecoh dengan cangkang telur yang licin dan mengkilap. Karena, cangkang telur yang mulus dan tampak mengkilap menandakan bahwa telur tersebut sudah disimpan dalam waktu yang lama.

7. Rendam telur dalam air

Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui kualitas telur tersebut. Pastikan telur yang anda beli dan akan dikonsumsi tenggelam saat direndam air. Apabila sudah melayang atau bahkan mengapung sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya karena telur sudah rusak.

8. Jangan pilih telur dengan kerabang tipis

Jangan memilih telur yang mempunyai kerabang tipis dan bobotnya berat. Telur jenis ini berarti sangat rentan dimasuki oleh bakteri. Selain itu, telur dengan kerabang yang tipis juga sangat rentan untuk pecah, jadi tidak direkomendasikan untuk disimpan. Kemudian telur yang bobotnya berat biasanya sudah lama disimpan dan sudah tidak segar lagi. Telur yang sudah tidak segar nutrisinya juga akan berkurang.

Cara menyimpan telur dengan baik dan benar

Telur yang anda beli untuk dikonsumsi sebaiknya disimpan dengan baik dan benar agar kualitasnya tetap terjaga. Berikut caranya :

  • Simpan di suhu dingin antara 4° C. Kulkas merupakan tempat yang cocok untuk menyimpan telur.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, bersihkan telur terlebih dahulu menggunakan kain lembut tanpa air agar mikroorganisme di cangkangnya tidak mencemari makanan yang lain.
  • Meskipun disimpan di dalam kulkas, waktu ideal menyimpan telur yaitu tidak lebih dari dua minggu dan sebaiknya segera dikonsumsi.
  • Jika tidak ada kulkas, anda dapat menyimpan telur dalam suhu ruangan menggunakan karton khusus telur.

 

Di artikel ini anda sudah menyimak cara memilih telur yang bagus dan berkualitas. Tidak hanya itu, kami juga memberikan cara menyimpan telur dengan baik dan benar. Dari beberapa cara yang sudah kami berikan, manakah cara yang menjadi pilihan anda? Pilihlah cara termudah untuk menemukan telur yang bagus untuk dikonsumsi.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat. Pantau terus blog Ganeeta untuk mendapatkan informasi yang menarik dan edukatif lainnya. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya!

 

Komentar dinonaktifkan