6 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Ayam

kesehatan saluran pencernaan ayam

Menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam merupakan hal yang harus diperhatikan oleh peternak. Karena kesehatan saluran pencernaan sangat berpengaruh terhadap performa dan produktivitas ayam. Kondisi kesehatan saluran pencernaan ayam nantinya akan mempengaruhi proses pencernaan ransum dan penyerapan nutrisi.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam dimulai sejak awal pemeliharaan, karena kesehatan di minggu-minggu pertama umur ayam akan menentukan tingkat produktivitas ayam. Sebaik apapun jenis pakan, bahan baku, air minum, bahkan diberi vitamin sekalipun, jika saluran pencernaan ayam tidak sehat maka semua itu tidak akan terserap dengan baik dan langsung keluar terbuang sia-sia. Maka dari itu, peternak harus bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan ayamnya demi kelangsungan kehidupan sebuah peternakan.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam? Setidaknya ada 6 cara yang dapat digunakan peternak untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam. Anda sudah penasaran, kan? Berikut adalah penjelasan selengkapnya, simak sampai selesai ya!

Menyediakan pakan yang berkualitas dengan memperhatikan nutrisi

Cara menjaga kesehatan saluran pencernaan yang pertama yaitu dengan menyediakan pakan yang berkualitas dengan memperhatikan kandungan nutrisinya. Pakan merupakan hal yang sangat penting dalam beternak ayam. Menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam tentunya tidak lepas dari pemilihan pakan. Pakan yang bebas dari zat kimia, masih segar, dan bernutrisi adalah pakan yang baik bagi ayam. Pakan yang baik harus bisa memenuhi kebutuhan pokok nutrisi misalnya protein dan energi.

Namun, masih banyak peternak yang memberikan pakan/ ransum ke ternak ayam tidak memperhatikan kandungan nutrisinya. Pada akhirnya pakan yang masuk ke dalam saluran pencernaan ayam tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh ayam. Hal ini tentu saja peternak akan mengalami kerugian, karena kualitas pakan yang buruk tentu saja hasil produksinya akan buruk juga, terlebih lagi biaya pakan mengambil alokasi biaya paling banyak yaitu 60% – 80%. Maka dari itu, sebaiknya anda harus tahu bagaimana ciri pakan yang berkualitas.

Berikut ciri-ciri pakan yang berkualitas :

  • Memiliki daya cerna tinggi.
  • Tidak mengandung toksin (racun).
  • Kandungan nutrisi seimbang dan lengkap.
  • Mampu menarik perhatian ayam dari warna dan aroma.
  • Bentuk sesuai dengan fisiologis ayam.
  • Tingkat palatabilitas tinggi.

Rutin membersihkan kandang, tempat makan dan minum

Kebersihan kandang ayam perlu dijaga agar ayam tetap nyaman berada di dalam kandang. Selain itu, agar ternak tetap sehat, bebas dari penyakit dan kuman yang bersarang di area sekitar kandang. Karena cukup seringnya ayam buang kotoran, maka jangan membiarkan kotoran tersebut menumpuk di dalam kandang. Apabila menumpuk dapat mengakibat tingginya kadar amonia di dalam kandang. Hal ini akan membuat ayam tidak nyaman berada di dalam kandang serta akan mempengaruhi kesehatan ayam. Maka dari itu, peternak harus rutin membersihkan kandang ayam.

Selain kandang yang harus dibersihkan, peternak juga harus rutin membersihkan tempat makan dan minum. Jika tidak dibersihkan, maka kuman atau bakteri dapat bersarang di tempat makan atau minum ayam. Dan apabila ayam memakan atau meminum dari tempat yang sudah terdapat kuman/ bakteri tersebut, maka dapat mengganggu kesehatan saluran pencernaan ayam. Membersihkan kandang, tempat makan dan minum harus dilakukan secara rutin agar dapat membunuh kuman atau bakteri serta akan membuat ayam nyaman berada di dalam kandang.

Pemberian air minum yang bersih

Air yang bersih merupakan salah satu nutrisi makro yang krusial bagi ternak, termasuk ternak ayam. Air yang bersih dapat dilihat dari beberapa faktor, faktor tersebut antara lain meliputi fisik yaitu (air yang jernih dan segar, tidak berbau, tidak berbau), biologi (bebas dari cemaran bakteri E. coli, Salmonella sp. dan mikroorganisme patogen lainnya), dan faktor kimia (pH netral dan tidak bersifat sadah). Pemberian air minum ayam dianjurkan secara ad libitum yaitu pemberian minum yang tidak dibatasi jumlahnya, dimana air minum selalu tersedia di dalam kandang.

Cek kualitas air minum secara berkala untuk mengetahui ada tidaknya cemaran bakteri E.coli atau coliform di dalam air minum. Lakukan sanitasi air minum jika sumber air positif tercemar bakteri E.coli atau bakteri patogen lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada ayam. Contoh penyakit pada saluran pencernaan yang dapat timbul akibat kurang bersihnya air minum yaitu Kolibasilosis.

Mengatur suhu dan kelembaban dalam kandang ayam

Suhu menjadi poin penting untuk menjaga perkembangan organ dan kesehatan saluran pencernaan ayam. Sama halnya dengan manusia, ayam pun memiliki suhu lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya yaitu zona nyaman. Suhu diluar zona nyaman, baik itu terlalu panas atau terlalu dingin, akan mempengaruhi perkembangan saluran pencernaan maupun dan kesehatannya, dan dampak lebih lanjut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam.

Kelembaban dalam kandang juga harus diperhatikan oleh peternak. Karena kelembaban dalam kandang akan mempengaruhi suhu yang dirasakan ayam. Semakin rendah kelembaban, suhu yang dirasakan ayam juga semakin rendah. Dan sebaliknya, ayam akan merasakan suhu yang lebih panas dibandingkan suhu lingkungan ketika kelembaban tinggi. Jika suhu dalam kandang tinggi, maka dapat menyebabkan ayam mengalami heat stress.

Pada kondisi stress, di dalam tubuh ayam akan terjadi peningkatan produksi hormon kortikosteroid yang dapat menghambat organ kekebalan dalam menghasilkan antibodi. Hal tersebut akan memicu efek imunosupresif yang berdampak pada ayam yaitu akan mudah terserang penyakit terutama penyakit saluran pencernaan. Maka dari itu, peternak harus memperhatikan suhu dan kelembaban dalam kandang ayam, ayam akan nyaman berada dalam kandang apabila suhu dan kelembabannya sesuai dengan kebutuhan ayam tersebut.

Penanganan litter dan kotoran ayam dengan baik

Litter dan kotoran ayam/ feses merupakan media yang ideal bagi mikroorganisme patogen berkembang biak. Pembersihan feses secara rutin serta penanganan litter yang basah harus dilakukan sesegera mungkin. Hal ini dapat menjadi upaya efektif untuk mengendalikan dan meminimalkan mikroorganisme patogen. Lakukan pembolak-balikan litter untuk mencegah litter basah. Segera ganti litter yang basah dan menggumpal atau litter yang sedikit menggumpal dipilah dan dikeluarkan dari kandang.

Penambahan probiotik dalam ransum

Probiotik adalah produk yang mengandung mikroorganisme hidup dengan memiliki efek yang menguntungkan terhadap host (induk semangnya) dengan meningkatkan keseimbangan mikroflora yang ada dalam saluran pencernaan. Mikroflora dalam usus dapat terganggu oleh beberapa keadaan seperti, karena pemakaian antibiotik atau jenis obat lainnya, stress yang berlebihan, infeksi agen penyakit dan lain sebagainya. Hal ini dapat mengakibatkan kuman atau bakteri patogen berkembang dan menyebabkan infeksi serta kerusakan pada saluran pencernaan.

Oleh karena itu, dianjurkan menambahkan probiotik ke dalam ransum ayam. Namun perlu diketahui bahwa, probiotik yang ideal harus merupakan organisme inangnya, non-patogenik, tahan terhadap kondisi usus (kondisi pH asam), menghasilkan senyawa antimikroba, memperbaiki pertumbuhan bakteri komensal, memodulasi respon imun, memperbaiki performa ayam, dan mampu menahan kondisi pengolahan pakan. Fungsi penambahan probiotik dalam ransum yaitu untuk membantu mencegah bakteri patogen yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora yang menguntungkan bagi induk semangnya.

Selain menambahkan probiotik dalam ransum untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam, anda juga dapat menambah feed additive alami. Disini Kami – Ganeeta Formula Nusantara menjual berbagai produk feed additive yang dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ayam. Contoh produk kami yaitu antara lain, Esseguard Intestinal, Curcuxan, Gallipro Tect dan masih banyak lagi. Produk yang kami jual sudah teruji di laboratorium, sehingga kualitasnya jangan diragukan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gunakan feed additive dari Ganeeta Formula Nusantara sekarang juga! Produk kami berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan ayam anda. Ayam yang sehat tentu akan memberikan keuntungan yang lebih, baik dari segi harga maupun dari kualitas hasil produksinya

 

Komentar dinonaktifkan