Menjaga Kesehatan Ayam dengan Herbal

Menjaga Kesehatan Ayam dengan Herbal

Penulis: Tim GFN

Indonesia memiliki kekayaan rempah-rempah atau tanaman obat. Pemberian obat herbal pada hewan ternak unggas khususnya ayam bisa menunjang produktivitas. Beberapa peternak menggunakan obat herbal untuk mengurangi penggunaan obat-obatan kimia. Penggunaan obat-obatan kimia yang berlebihan dapat mengakibatkan timbulnya resistensi pada hewan unggas (ayam) dan residu pada produk ternak seperti daging dan telur.

Padahal tantangan munculnya penyakit cukup tinggi, terlebih pada musim pancaroba, sehingga perlu adanya alternatif obat yang efektif untuk menjaga kesehatan ternak tanpa menimbulkan residu. Maka dari itu, banyak peternak yang menggunakan obat herbal untuk menggantikan obat-obatan kimia, karena tidak menimbulkan efek samping dan pastinya produk ayam aman dikonsumsi serta tidak tercemar oleh bahan kimia.

Indonesia memiliki kekayaan hayati tanaman obat dan warisan dari para leluhur dalam pemanfaatan tanaman obat. Program herbal bisa juga dijadikan penunjang program kesehatan. Penyusunan dan pelaksanaan program herbal bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, dan mempercepat pemulihan apabila hewan ternak terkena penyakit. Apabila ayam tidak dalam kondisi sehat dapat mengakibatkan penurunan produktivitasnya.

Manfaat obat herbal untuk ayam

Peternak harus memperhatikan kesehatan ayam agar produktivitasnya tidak terganggu dan meningkatkan kualitas ayam baik produk daging maupun telur. Dengan kualitas ayam yang baik peternak pun memperoleh keuntungan yang besar. Peternak bisa menggunakan obat herbal untuk membantu menjaga kesehatan ayam, selain itu dengan obat herbal dapat meningkatkan imunitas tubuh ayam.

Contoh ramuan herbal dan cara pemberiannya

Ada beberapa praktek pemberian ramuan herbal yang umum dilakukan oleh peternak, contohnya yaitu pemberian temulawak dan kunyit untuk meningkatkan nafsu makan ayam, pemberian jahe untuk meningkatkan nafsu makan ayam, daun sirih untuk antibakteri dan antiradang, dan masih banyak contoh lainnya.

Penerapan pemberiannya pun bisa dalam bentuk serbuk atau tepung dan larutan yang dicampurkan dalam air minum atau ransum. Namun, dalam pembuatannya jika tidak seimbang bahan-bahan yang dipilih dan takarannya tidak sesuai atau tidak memenuhi standar maka, belum tentu aman dan belum tentu juga memberikan manfaat yang optimal pada hewan ternak.

Baca juga : Apa itu kandang ayam closed house?

Untuk membuat obat herbal sendiri anda akan mengeluarkan tenaga ekstra. Selain itu, belum tentu takaran atau dosis yang nanti diberikan ke ayam anda sesuai untuk menjaga kesehatannya. Terdapat hal yang lebih mudah dan praktis bagi peternak, anda dapat membeli herbal yang sudah memiliki takaran atau dosis yang tepat, dan tidak mengeluarkan tenaga untuk membuatnya. Herbal produksi PT GANEETA FORMULA NUSANTARA solusinya. Produk dari PT GANEETA FORMULA NUSANTARA juga sudah terstandarisasi yang pastinya aman dari bahan kimia dan memakai bahan baku berkualitas. Disini kami menyediakan berbagai obat herbal yang dapat meningkatkan imunitas untuk membantu menjaga kesehatan ayam anda.

Akhir kata, sekian pembahasan mengenai menjaga kesehatan ayam dengan herbal. Tetap pantau blog kami untuk mendapatkan update informasi-informasi yang menarik dan informatif lainya. Terimakasih

Komentar dinonaktifkan